Minggu, 06 Februari 2011

REKREASI KE PANTAI



Ulama kharismatik internasional, Syaikh Dr. Yusuf al-Qardhawi menyerukan umat Muslim secara umum, dan para lelaki berjenggot serta perempuan bercadar untuk pergi berekreasi ke pantai. Hemat al-Qardhawi, rekreasi di pantai, menikmati hidup dan indahnya pemabdangan adalah hak yang disyariatkan kepada setiap manusia, tidak terkecuali orang-orang yang "taat beragama".



Ketua persatuan ulama Muslim internasional itu juga menambahkan, tidak ada larangan syara' secara mutlak untuk melakukan aktivitas rekreasi dan menikmati udara pantai yang segar. Hal tersebut justru dianjurkan oleh syara'. Selama ini, di Timur Tengah, kalangan "mutadayyinin" (orang yang tampak taat beragama) terbilang nihil pergi ke pantai-pantai, apalagi di musim panas, ketika pantai-pantai menjadi tempat liburan favorit karena disamping pemandangannya yang elok, juga angin dan udaranya yang segar.



Terkait hal itulah, al-Qardhawi menegaskan jika rekreasi ke pantai sangat dianjurkan. Al-Qardhawi membahasakannya dengan menyatakan, "apakah udara laut yang segar diharamkan untuk orang-orang mutadayyin? Tidak, bahkan hal tersebut menjadi hak bagi mereka untuk dapat menikmatinya".

Namun demikian, al-Qardhawi juga memberikan catatan, jika ketika sudah di pantai, orang-orang mutadayyin itu bukan sekedar untuk berenang dan mejeng saja, tetapi juga diharapkan mampu memainkan peran dakwah Islam.


"Misalnya, mendirikan shalat berjama'ah di tepian pantai. Itu sangat bagus sekali," terang al-Qardhawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar