Senin, 21 Maret 2011

SEJARAH SEKOLAH ISLAM TERPADU PERMATA MOJOKERTO

Ini sekelumit tentang Sekolah Islam Terpadu (SIT) Permata di Kota Mojokerto.

Th. 2000 dengan visi membentuk insan kamil didirikan Taman Kanak Kanak Islam Terpadu Permata dibawah naungan Yayasan Pengembangan Infaq (YPI) Bina Madani meminjam gedung TPQ yang di kawasan Empunala Gang Wiryo. Dari sebuah gang sempit inilah cikal bakal berdirinya SIT Permata di Kota Mojokerto dimulai.

Th. 2002 dituntut kebutuhan bahwa lulusan TKIT Permata harus bisa melanjutkan kemampuan yang sudah didapat maka dengan semangat Pendidikan Berkelanjutan didirikanlah SD Islam Terpadu Permata.
- Berawal dari sebidang tanah waqof dari seorang dermawan bernama Bapak H. Sadeni di Jl. Tropodo 847A yang bersebelahan dengan Masjid Al-Barokah ditambah 2 lokal kelas yang dulunya dipakai Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) dan sudah tidak dipakai lagi dimulailah pendirian SDIT Permata dengan menambah 2 ruang kelas baru lagi.
- Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah dibentuklah Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Bina Madani yang diketuai oleh dr. Heru Rustiadi dan selanjutnya disebut sebagai direktur. Dengan mengusung visi :
“Membentuk generasi berakhlaqul karimah dan berprestasi akademis tinggi”

Th. 2003 TKIT Permata dipindahkan Jl. Tropodo menempati ruang SDIT Permata yang belum terpakai sekaligus dimulainya pembangunan gedung TKIT Permata ditempat yang sama.

Tahun 2004 Dengan menerapkan kurikulum yang memadukan antara pendidikan umum dan muatan Agama Islam, SDIT Permata dengan cepat mendapat sambutan positif dari masyarakat sehingga 2 tahun kemudian tepatnya tahun ajaran 2004/2005 karena besarnya animo masyarakat untuk mendaftarkan putra ke SDIT Permata maka dibuka 2 kelas rombongan belajar (rombel).

Tahun 2005 dr. Heru Rustiadi digantikan oleh Drs. Mudji Taher sebagai direktur LPI . Dan mengubah nama LPI Bina Madani dengan nama LPI Permata sekaligus merupakan awal berdirinya Yayasan Permata Mojokerto. Ditahun tersebut juga dimulainya pengurusan perijinan Play Group Islam Terpadu (PGIT) Permata.

Tahun 2006 atas usul dari para pendiri LPI permata dan keharusan yayasan penyelenggara pendidikan mengantongi ijin dari Menhukham RI maka disepakati untuk membuat yayasan baru yang khusus menenangani pendidikan bernama Yayasan Permata Mojokerto dengan legalitas : Akte Notaris & PPAT Bendy Aban Isbullah, SH, No. 13 tgl 29 Maret 2006 serta Keputusan Menhukham RI No.C-1797.HT.01.02.TH 2006 tanggal 10 Agustus 2006. Dengan demikian LPI Permata tidak lagi di bawah naungan YPI Bina Madani.

Tahun 2007 Ahmad Hasan Bashori, S.Sos. dipilih menggantikan drs. H. Mudji Taher sebagai Direktur LPI Permata dan merintis berdirinya SMP Islam Terpadu Permata.
- Pada tahun sama antusiasme masyarakat untuk mendaftar ke SDIT Permata semakin tak terbendung. Tidak ingin mengecewakan terlalu banyak calon wali murid mulai tahun tersebut SDIT Permata membuka 3 rombel sampai sekarang.
- Sebagai sekolah baru SDIT Permata mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto. Berkali-kali SDIT menorehkan prestasi dalam lomba yang diselenggerakan baik tingkat kota maupun tingkat propinsi. Bahkan Tahun 2011 Dewi Arif Hidayati berhasil menyabet NEM terbaik se-Jawa Timur dengan nilai nyaris sempurna. “Semua sepuluh, hanya Bahasa Indonesia salah menjawab satu soal” , ucap Ustadzah Novita Mauris bangga.

Tahun 2008 SMPIT Permata secara legal formal mendapatkan ijin operasional dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto dengan nomor 421.7/1353/417.313/2008.


Tahun 2010 setelah melalui kajian para Pembina, pengawas, dan pengurus keberadaan LPI dianggap tidak diperlukan lagi. Maka dilakukanlah restrukturisasi sehingga jalur koordinasi sekolah sebagai unit kerja langsung dibawah yayasan yang diketuai oleh drh. Suhartono. Dengan dihapusnya LPI Permata maka Direktur LPI Permata diberikan amanah baru sebagai Koordinator bidang dan unit kerja sekolah.

Tahun 2011 Dengan tujuan mengokohkan keberadaan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Permata dan Penguatan Nilai-nilai keislaman dibuatlah Visi Misi Yayasan Permata Mojokerto yang baru yaitu: “Membentuk Generasi Cinta Al-Qur’an, Cerdas dan Berkarakter”
7 April 2011 Masa bakti kepengurusan YPM periode pertama berakhir. Melalui musyawarah yang melibatkan semua komponen Yayasan Permata Mojokerto terpilihlah kepengurusan periode ke-2 dengan menempatkan M. Cholid Virdaus Wajdi, SE. sebagai ketua Yayasan Permata Mojokerto yang baru.

Tahun 2012 Yayasan Permata Mojokerto terus mengembangkan keberadaan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Permata dengan membeli lahan baru di Lingkungan Kuwung Kelurahan Meri Kota Mojokerto.

Tahun 2013 SMP Islam Terpadu Permata berhasil mengukuhkan diri sebagai sekolah berprestasi dengan meraih rata-rata NEM terbaik ke-3 se-Kota Mojokerto. Kepala Sekolah SMPIT Permata Chusnul Chotimah mengatakan, “Jika pola soal seperti kemarin (soal acak) saya optimis tahun depan kita bisa lebih baik”.

Komitmen kami tidak berubah, sebagaimana sudah disebutkan dalam salah satu Quality Assurance, “LULUS 100% DENGAN JUJUR”

Berikut Metamorfose Logo Lembaga, Sekolah dan Yayasan Permata Mojokerto:

Tahun 2002




Tahun 2006




Tahun 2008
Tahun 2011?


BERIKUT PARA SESEPUH YAYASAN PERMATA MOJOKERTO
Drh. Suhartono
Ketua Yayasan Permata Mojokerto Pertama




Dr. Heru Rustiadi, Sp.S.
Direktur LPI Bina Madani Periode 2002-2005
(Saat itu SIT Permata masih dibawah YPI Bina Madani)



Drs. Mudji Taher, M.Kes.
Direktur LPI Bina Madani Periode 2005-2007



A. Hasan Bashori, S.Sos.
Direktur LPI Permata Periode 2007-2010
(Merupakan jabatan direktur terakhir karena setelah itu tidak ada lagi jabatan Direktur Lembaga di Yayasan Permata Mojokerto)



M. Cholid Virdaus Wajdi, SE.
Ketua Yayasan Permata Mojokerto Periode 2011 - Sekarang

2 komentar:

  1. Wong Permata Dewe22 Maret 2011 19.01

    Wah....ganti pimpinan artinya ganti logo ya pak...

    BalasHapus
  2. Gonta ganti logo gak masalah. Yang penting biaya tetap terjangkau

    BalasHapus