Kamis, 19 Desember 2013

INDAHNYA AKHLAKKU

Apa, seh Akhlak itu?
Akhlak tuh jati diri, karakter inhern yang menyertai manusia dimanapun ia berada. Kalo akhlak Islami itu segerombolan tindakan/gaya hidup terpuji yang mencerminkan nilai-nilai Islam yang diyakini dengan motivasi cuma buat mencari keridhaan Allah SWT.

Pentingnya Akhlak Islam
1. Akhlak adalah ciri khas seorang muslim yang membedakannya dari yang lain, itu karena salah satu tugas Rasulullah hadir di muka bumi ini adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia (2:111, 68:4, 33:21).
2. Akhlak juga salah satu faktor yang ’nentuin derajat keislaman seseorang. “Paling sempurna orang mukmin imannya adalah yang paling luhur akhlaknya.” (HR. Tirmidzi). “Sesungguhnya kekejian dan perbuatan keji itu sedikitpun bukan dari Islam, dan sesungguhnya sebaik-baiknya manusia keislamannya adalah yang paling baik akhlaknya” (HR Thabrani, Ahmad, dan Abu Ya’la).
3. Akhlak tuh buah dari ibadah yang benar dan aqidah yang lurus
“Sesunguhnya sholat itu mencegah orang melakukan perbuatan keji dan munkar”.
3. Keluhuran akhlak merupakan amal terberat hamba di akhirat
“Tidak ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi keluhuran akhaknya” (Abu Daud dan At Tirmizi). Wuiih...keren banget, yak!!

Akhlak bisa terbentuk dari khotiroh (lintasan hati) yang dilakukan/dicoba, trus jadi kebiasaan, sampe membentuk akhlak. Nah, contohnya nih kebiasaan nyontek (ayo, betul ato bener?). Ternyata, akhlak dapat berubah tergantung kemauan individu tersebut, seorang dapat berakhlak baik atau buruk, tergantung usaha yang dia lakukan.

Landasan akhlaq seorang Muslim
1. Mencintai dan dicintai Allah (QS 61:4, 2:165, 8:2, 3:31)
2. Sayang sama orang2 mu ’min (QS 26:215)
3. Bersikap keras terhadap orang kafir (QS 24:29)
4. Berjihad di jalan Allah (QS 9:24)
5. Tidak takut sama celaan orang2 yang mencela (QS 3:186)
6. Ngasih wala’nya (ketaatannya) cuma buat Allah, Rasul dan orang mu’min, dll.

Beri contoh akhlak yang baik : senyum, salam, salaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar