Minggu, 30 Januari 2011

Ma'rifatul Islam

Indahnya Agamaku Islam
Keindahan Islam tidak bisa ditutupi oleh siapapun, baik orang timur maupun orang barat. Keindahan Islam yang terpancar dari kota yang tandus Makkah begitu memukau orang2 arab, baik dari kalangan bangsawan terdidik maupun rakyat jelata sampai para budak yang mencari arti kebebasan dan kemerdekaan. lihatlah bagaimana terpukaunya Abu Jahal dan Abu Sofwan ketika mereka tidak bisa menahan diri untuk mengendap2 di tengah malam untuk mendengarkan keindahan Islam dari lantunan bacaan Al-Quran oleh Rosulullah saat qiyamul lail. Demikian Umar Ibnu Khotob demikian terkesima ketika membaca awal dari surat Thoo Haa ( baca 20: 1-5). Raja Najasyi terhenyak atas keindahan Islam setelah mendengar penjelasan pandangan Islam terhadab bunda Maryam dan putranya Isa, hingga ia meneteskan air mata, terharu dan bahagia. Keindahan Islam demikian kuat mempengaruhi jiwanya yang paling dalam, walaupun keindahan itu mengakibatkan pembesar kerajaan dan pendeta memusuhinya, hingga berakhir dengan pemberontakan yang gagal.
Seorang budak bernama Addas tak mampu menahan gejolak hatinya, untuk kemudian memeluk Islam, setelah menyaksikan keindahan akhlaq Nabi Muhammad SAW ,ketika Nabi terluka pasca dakwah di bumi Thoif. Keindahan yang tidak saja menembus alam nyata, namun cahaya indah Islam demikian kuat menyinari alam jin….para jin terpana dan ta’jub terhadap Islam, sampai2 mereka berjejalan hampir saling tindih ketika Nabi membaca Al-Quran dalam sholat malamnya( baca surat Jin ayat 1-2 dan 19)
Sampai hari ini keindahan Islam tak pudar dan tak akan pudar..banyak para wanita Rusia berbondong-bondong memeluk Islam dan meninggalakan agama Kristen, karena mereka mengagumi ajaran Islam yang menjadikan seorang suami bertanggung jawab atas ekonomi keluarga…sebelumnya mereka selama ini yang banting tulang menghidupi keluarga…..lain Rusia lain pula Papua Nugini, para penduduk asli berduyun2 masuk Islam, karena Islam membolehkan Poligami. Di Amerika Prof DR Cat Moore ( guru besar ilmu embrio) terkagum2 atas keilmiyahan Alquran ketika ia mendapati Al-Quran telah bicara tentang proses terbentuknya embrio secara detail dan tuntas sejak 15 abad yang lalu, padahal penemuan ilmiyah baru terungkap pada abad 20 ini.
Segudang keindahan Islam, ibarat bangunan, Islam indah dilihat dari sisi manapun, dari depan, belakang, atas bawah, samping kiri samping kanan, dari dalam maupun luar…….simaklah penggambaran Allah SWT atas keindahan Islam dalam surat Annur 24:35….keindahan Islam akan abadi akan langgeng dimanapun dan kapanpun, karena keindahan merupakan fitroh, maka Islam yang merupakan agama Fitroh akan senantiasa memancarkan keindahan guna membibing manusia menemukan keindahan didunia dan kesempurnaan keindahan di Akherat kelak…..keindahan Islam akan memancar sampai manusia tidak menemukan alasan apapun untuk menolak Islam, kecuali hawa nafsu mereka dan kesobongannya…..Allah berfirman dalam surat Shof (61:8)

Merasakan keindahan agama Islam dari pemaknaanya
Keindahan Islam tidak saja terpanjar dari keindahan ajaranya saja….namun dari namanya agama Islam telah menggambarkan keindahanya. Mari kita amati asal kata dari Islam dan pecahannya dalam bahasa Arab……karena kata Islam berasal dari bahasa Arab..
ISLAM bersal dari akar kata SALIMA ( سلم ) kemudian berpecah menjadi kata kerja dan kata bentukan yang memiliki makna-makna yang satu sama lain memiliki arti yang agak berbeda, namun berkaitan , sehingga memberikan pemahaman yang indah tentang Islam;
1. ASLAMA (أسلم ) yang berarti “ menundukkan diri “ Makna ini kita dapat kita jumpai misalkan dalam surat Annisa’ ayat 125 ( dan siapakah orang yang paling baik agamanya selain orang yang menundukan (aslama) wajahnya kepada Allah semata dengan sebaik-baiknya ketundukan……)
Maka dari pemahaman inilah kita baca dalam siroh para shahabat meninggalakan minuman keras dengan serta merta ketika turun ayat tentang pengharaman khomr ( 5:90), padahal minuman khomr merupakan adat turun-temurun, yang mereka banggakan dan puji-puji dalam banyak kesempatan, dengan syair-syair dan pantun-pantun mereka.
Mereka melakukan itu sebagai wujud ketundukan diri dan hawa nafsu terhadap agama ini. Maka ketika kita tunduk dengan aturan agama ini, maka kita berati telah meretas keserasian hidup,kebersihan, keteraturan dan kebaikan sepanjang hayat, dan itu semua adalah keindahan. Sedangkan tunduk pada hawa nafsu, sama saja kita membangun keburukan dan kekacauan,bahkan kebrutalan dalam sejarah hidup. Make Tyson adalah laki-laki perkasa yang pernah menjadi juara dunia tinju sejati bergelar “ si leher beton” sebelum keislamanya, hidupnya dipenuhi kebrutalan dan keburukan; perkelahian,mabuk,perceraian bahkan perkosaan. Masuk keluar penjara dan seabrek kisah kelam Make Tyson yang kemudian berganti nama Malik Abdul Azis setelah mengucapkan dua kalimah syahadat, ketika menjalani hukuman penjara. Islam telah merubah Malik Abdul Aziz menjadi sosok yang alim dan santun, terlebih setelah kepergianya ketanah suci untuk melaksanakan ibadah Umroh, bahkan menyatakan siap untuk menjadi da’i.
2. ISTASLAMA (استسلم ) yang berma’na “ Berserah Diri “…dari sini Islam adalah agama yang mengajak kepada penyerahan diri secara total kepada Allah SWT dalam suka maupun duka, miskin maupun kaya…untuk itulah orang Islam orang yang paling sehat jiwanya, karena Islam mengajak pada penyerahan diri pada Allah; ketika ia senang ia harus bersyukur, maka terbebaslah ia dari perasaan sombong dan berganti dengan ketawadhu’an dan ketawadhuan adalah indah. sebalikny ketika sedih ia sabar, maka tenanglah hatinya dan sabar adalah prilaku yang indah. Untuk itulah rasulullah mengatakan “ sungguh ajaib prilaku orang mukmin; jika ia ditimpa musibah ia bersabar maka jadi baiklah segala urusanya, dan jika ia mendapat nikmat ia bersyukur maka jadi baiklah segala urusanya. (HR.Muslim). Dari sini kita mendapatkan jawaban kenapa orang yang tawdhu’ dan sabar dicintai Allah dan manusia, karena memang dua sifat ini indah.
Makna berserah diri ini bukan saja untuk Manusia namun lebih jauh, bahwa alam semesta ini berjalan dengan penuh keteraturan dan kehormonian, karena alam semesta ini berserah diri pada aturan Allah SWT. Allah berfirman dalam surat Ali Imron : 83.( baca!) Sebaliknya alam semesta ini akan hancur dan kehilangan keindahannya jika melanggar aturan Allah, demikian juga yang berlaku atas manusia.
3. SALIIMUN ( سليم ) yang artinya " bersih dan suci “ sesuai dengan artinya agama Islam sangat mementingkan kebersihan dan kesucian baik batin maupun zhohir…kesucian batin meliputi seterilasi hati dari kesyirikan,sifat riya’,sombong, iri dengki,permusuhan dan dendam kesumat dll. Sedangkan kesucian zhohir Islam mewajibkan berwudhu,mandi dan sikat gigi disaat manusia ketika itu belum mengenal kebersihan dengan baik. Bahkan barat menilai kebersihan hanya pada hal terlalu nampak, misalnya mereka mendahulukan tissu dari pada air…padahal daya bersih air jauh lebih sempurna dibanding dengan kertas tissu..subhanallah Islam telah menetapkan air sebagai alat bersuci utama sejak 15 abad dan menjadikan selainya sebagai pengganti jika tidak mendapatkan air. Ada cerita menarik tentang masuk islamnya tukang cuci sebuah asrama kampus di Barat. Ketika ditanya kenapa tertarik pada Islam? Ia pun mengisahkan,” ketika saya mencuci pakaian dalam (celana) selalu saya mencium bau yang menyengat. Suatu hari saya mencuci untuk mahasiswi blok tertentu, namun saya tidak medapatkan bau yang menyengat seperti biasanya,maka saya bertanya pada mereka tentang hal ini, mereka menjawab,” bahwa kami orang2 muslim wajib bersuci dengan air, setelah kami buang air kecil maupun besar. Dari situ saya tertarik dengan Agama Islam.
Karena itulah Alla tidak menerima amal, keculi yang bersih. Baik zhohir maupun batin, Rosulullah bersabda “ sesungguhnya Allah itu maha bersih lagi baik dan tidak menerima kecuali yang bersih lagi baik “ (innallaha thoyyibun laa yaqbalu illa thoyyiba) HR Muslim. Demikian juga Allah dalam Al-Quran menegaskan bahwa penghuni surga adalah orang2 yang bersih ( baca surat Asyura’ (26) :88-89).
4. SALAAM ( سلام ) Selamat atau sejahtera..Islam agama yang datang dari dzat yang memiliki nama As-salaam (maha memberikan keselamatan dan kesejahteraan) Islam membangun semua nilainya untuk keselamatan dan keamanan manusia bahkan alam semesta. Karena itulah menyingkirkan duri dari jalan merupakan bagian dari iman. Islam tidak melihat apakah duri tadi akan mengenai orang muslim, atau orang kafir. Tapi Islam melihat perbuatan yang memberikan keselamatan bagi manusia siapapun ia. Bahkan lebih dari itu ada seseorang yang besenang2 di surga dikarenakan keikhlasanya dalam menyikirkan dahan yang menghalangi orang lewat di jalan umum..bahkan dalam kondisi gentingpun, seperti perang Islam melarang memotong pepohonan sembarangan, apalagi membunuh orang2 yang tidak terlibat dalam peperangan seperti anak2, perempuan dan orang tua. Hewan pun merasa aman dengan agama Islam dimana islam melarang umatnya untuk membunuh hewan tanpa tujuan yang benar. Kalaupun membunuh untuk keperluan tertentu harus melalui proses penyembelihan yang benar. Tidak boleh membunuh hewan apapun,sampai yang berbahaya, seperti ular, tidak boleh dengan membakar. Rosulullah bersabda “ jika kalian menyembelih sembelihlah dengan cara yang baik (ihsan) yaitu tajamkan pisau dan jangan dilakukan didepan hewan yang lain.”
Lebih hebat dari itu ketika pelaksanaan haji tidak boleh orang berburu hewan atau mencabut tananam di tanah haram (makkah) kalau melakukan maka ia harus membayar denda.
Adalah penduduk Falestina ketika dikuasai Romawi (Kristen) rela membayar uang keamanan kepada pasukan Islam, karena mereka lebih merasa aman dan damai dengan pasukan Islam dari pada pasukan Romawi walaupun mereka satu agama.
5. SILMUN ( سلم ) berarti Perdamaian…Islam berada di makkah selama 13 tahun, tidak orang kafir Qurasy disakiti oleh orang Islam ketika itu…tidak ada satupun patung mereka diusik oleh nabi dan kaum muslimin…karena Islam adalah agama damai… ( laa ikroha fiddiin) namun Islam sebagai agama harus tersebar, karena dengan tersebarnya Islam berarti cita2 manusia untuk hidup secara damai akan menjadi kenyataan. Ketika Nabi tiba di Madinah nabi langsung membuat perjanjian damai dengan komunitas Yahudi di sana… Nabi tidak segan-segan untuk mengunjungi keluarga Yahudi yang salah satu anggota keluarganya sakit. Bahkan nabi menyuapi seorang laki-laki yahudi buta yang gemar mengolok-olok beliau.
Tidak ada permusuhan atas dasar agama, namun peperangan yang dilakukan Nabi dalam rangka memberantas kezholiman dan pengkhianantan, siapapun pelakunya. Apakah Yahudi, Nasrani, musyrik bahkan orang yang mengaku beriman sekalipun, karena kezholiman dan pengkhianatan hanya merusak perdamain dan upaya perdamaian dimanapun berada.
Bahkan dalam kondisi perang pun ketika pihak lawan cenderung untuk menyudahi peperangan, dengan komitmen berhenti dari kezholiman dan penghkianatan. Allah berfirman : “ jika mereka (musuh) cenderung ingin perdamaian maka berdamailah, maka bertawakalah pada Allah sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui”. (Q.S: Al anfal;61)
Mengapa mereka tertarik dengan Islam?
1. Regis Fayette Mikano pemusik Rap berkebangsaan Prancis..kecintaanya terhadap ilmu pengetahuan menghantarkan ia untuk mempelajari agama Islam, terkusus masalah sufisme dalam Islam, hingga jatuh cinta padanya dan kemudian menjadi seorang muslim dengan berganti nama Adul Malik.( Republika Ahad 10 Okt 2010)
2. Daniel William seorang petinju kelas berat dunia asal Inggris, yang pernah memukul KO Make Tyson Si Leher Beton pada ronde ke-4. Sebelum memeluk Islam Williams adalah pemeluk Kristen yang taat. Ketika liburan di Turki tahun 2000, ia bercerita “ saya merinding saat mendengar suara alunan adzan”. Kemudian aku pelajari Islam dan aku dapati Islam adalah cara hidup yang dicontohkan oleh Tuhan dan aku harus mengikutinya. Saya menemukan ajaran Islam itu sangat mudah. Dia juga menambahkan “ sebagai muslim yang baik,tentunya disaat romadhan harus melakukan hal2 yang baik. Tidak memukul ,mencela, berdebat. Intinya anda harus harus dalam kondisi baik dan bersih sebisa mungkin. Williams mengakui ajaran Islam benar2 sesuai dengan filsafah hidup yang ingin ia jalankan. Diapun mengakhiri profesinya sebagai petinju setelah memahami bahwa tinju tidak sejalan dengan ajaran Islam( Republika Ahad 26 Sep 2010)
3. Hakeem Abdul Olajuwon adalah pemain basket Houston Rockets Amerika Serikat lahir tahun 1963 menjuarai dua kali NBA (1984-2001) kelahiran Nigeria. Sejak menyatakan diri untuk mendalami Islam Olajuwon benar2 menjalankannya dengan penuh perhatian. Suatu hari di sebuah kamar hotel di Miami AS Olajuwon nampak khusu’ membaca ayat2 Al-Quran “ sebenarnya saya malu,sebab suara saya terdengar sumbang dan tinggi, tapi ngak mengapa. Ketika bibir anda telah melafalkanya, anda akan merasakan betapa indahnya kandungan bahasa Al-Quran”. Bahkan ia selalu membawa kompas untuk menunjukan arah Kiblat di arena basket, saat ia bertanding atau latihan dan tak lupa bawa alarm untuk mengingatkan waktu2 sholat. Hebatnya lagi, gaji yang didapat dari hasil main basket,ia dermakan pendapatanya sekitar 20 persen untuk kaum miskin “ Tuhan datang pada kita dan surga tidaklah murah.” Ujarnya. (Republika 3 Okt 2010)
4. Ayumi 39 tahun,adalah seorang perempuan jepang yang masuk Islam desember 1994. Ayumi alias Afifah bercerita,” perkenalan saya dengan Islam bermula ketika sering berkunjung ke Indonesia antara tahun 1990-1994. Setelah banyak membaca dan bertanya tentang Islam, akhirnya saya mengetahui bahwa pandangan miring terhadap Islam (ketinggalan zaman,suka berperang) ternyata tidak benar. Dan juga akhirnya saya mengetahui bahwa kehebatan orang-orang muslim adalah ternyata ajaran Islamnya. Semakin saya mempelajari Islam semakin merasakan keberadaan Allah dan kebenaran Islam. Ada beberapa prilaku menarik dari orang2 Islam, walau mereka tidak termasuk orang Islam yang taat,yaitu ketika saya membicarakan tentang Tuhan, tiba2 mereka akan menjadi serius. kemudian ketika mereka bertengkar, bahkan sempat adu jotos, tapi ketika dapat dilerai mereka saling berjabat tangan. Ketika saya tanya kenapa kok berjabat tangan? Mereka menjawab,” Islam mengajarkan umatnya untuk berjabat tangan setelah bertengkar untuk memperbaiki persahabatan.”Kemudian saya memutuskan untuk menjalankan sholat dan pakai jilbab. Orang tua kaget melihat saya berjilbab dan menyuruh saya melepaskanya. Saya tetap tidak bergeming. Toh akhirnya mereka menyerah. Saya berniat mengajarkan Islam yang sebenarnya walaupun sedikit kepada masyarakat Jepang, terkusus bagi orang2 Jepang yang baru masuk Islam. Saya juga ingin memotivasi mereka untuk bangga sebagai muslim dan muslimah meskipun tinggal di nageri non –muslim sekalipun.( majalah Al-Falah Juli 2010)
5. Lady Evelyn zainab Murray Cobbold ia adalah seorang wanita keturunan bangsawan Suffolk yang berpengaruh di Inggris, dia dulu penganut kepercayaan Anglikan. Aliran kepercayaan yang dianut penduduk Inggris. Lady tercatat sebagai muslimah pertama yang menunaikan ibadah haji. Peristiwa yang menggemparkan Inggris pada th 1933 ketika itu usianya sudah sangat lanjut yaitu 65 thn. Dalam bukunya Islam Our Choise, bangsawan ini mengungkapkan tentang keislamanya,” saya sependapat dengan perkataan seorang sarjana Barat bahwa Islam adalah agama rasional dan sesui dengan akal sehat manusia.” Ia mengakui, makin banyak mempelajari dan membaca literatur Islam, bertambah pula keyakinanya akan keistimewaan agama yang di bawa Nabi Muhammad SAW ini, dibanding dengan agama lain. Islam adalah agama yang paling sesuai dengan kehidupan dan segala problematikanya, serta dapat membawa manusia pada perdamaian dan kebahgiaan. Lady menambahkan, Islam identik dengan kedamaian. Disamping itu seorang muslim adalah orang yang hidup damai dengan Allah dan hidup damai pula dengan makhluk ciptaan Allah SWT. (Republika Ahad 17 Okt 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar